Tips perbaiki bad sector pada harddisk untuk pustakawan ?

HDD Regenerator 1.71 merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk memperbaiki bad sector dalam hardisk. Kinerja dan kemampuan HDD Regenerator 1.71 ini bisa di katakan cukup baik, meskipun nggak semua bad sector dapat di perbaiki, tapi nggak ada salahnya jika kita mencobanya dari pada tidak sama sekali. Dari pengalaman, saya diminta untuk memperbaiki sistem windows pada Dinas Pekerjaan Umum Bidang Pengairan Propinsi Jawa Timur, ketika itu masih menggunakan windows versi lama. Dan menurut pihak rekanan service untuk kantor tersebut sudah tidak sanggup lagi karena harddisk rusak, padahal berisi data-data irigasi/pengairan se propinsi Jawa Timur.

Karena tidak mungkin saya kerjakan di kantor tersebut, maka saya minta ijin harddisk dapat saya bawa pulang. Dengan bantuan sebuah tool ulitilitas NDD (Norton Disk Doctor) berbasis DOS, harddisk tersebut saya proses scanning, yang mana proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah proses scan menggunakan NDD berakhir ternyata menghasilkan harddisk dapat terdeteksi kembali. Sehingga sangat yakin data tersebut dapat kami selamatkan dengan cara mengkopinya ke harddisk saya. Keberhasilan tersebut saya lanjutkan dengan menginstal ulang sistem operasi windows. Setelah windows terinstal serta data-data terselamatkan, kemudian saya pasang ke CPU yang ada di kantor PU kembali.

Setelah selesai akhirnya tinggal penentuan berapa biaya yang harus kami tentukan ? Ketika saya tentukan besarannya mereka kaget kok mahal …….jika dinilai dari isi data dibanding dengan biaya service tidak sebanding, bayangkan data-data proyek PU irigasi beserta spesifikasi seluruh Jawa Timur hanya dihargai Rp.300.000,- Dari biaya yang saya terima tidak seberapa namun pengalaman penyelamatan data-data tersebut bagi saya tak ternilai harganya.

Singkat ceritera, pengalaman tersebut merupakan sebuah contoh bahwa dengan berbekal sebuah file tool utilitas ternyata dapat mendatangkan hasil. Oleh karena itu kami berharap semoga tool ini juga bermanfaat bagi rekan-rekan pustakawan.

Setelah HDD Regenerator di instal maka proses berikutnya adalah mencoba mulai dari tampilan seperti gambar berikut ini:

Pilih perintah menggunakan mouse gambar di atas, maka tampilan akan berubah menjadi gambar berikut ini:

Terakhir akan tampil layar berbasis DOS berisi tiga menu perintah seperti ini di bawah ini:

Jika proses scanning berakhir maka akan menghasilkan perbaikan harddisk terutama bad-bad sector-nya. Untuk yang berminat toll HDD regenerator ini dapat diunduh disini.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi para pustakawan !!!

Tinggalkan Balasan

