OpenOffice dengan Microsoft Office diinstal bersamaan OK !

Mengingat masih banyak teman-teman saya yang belum memahami dan mengetahui dengan permasalahan legalitas suatu Sistem Operasi ataupun software, maka saya tergugah untuk memberikan sedikit pengetahuan seputar Aplikasi Perkantoran pada Sistem operasi, disini saya akan bahas sedikit mengenai MS Office dan Open Office.

Contoh tampilan OpenOffice tak jauh berbeda seperti berikut ini:

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Software/Aplikasi Perkantoran Microsoft Office, atau bahkan mungkin anda bekerja tiap hari berkutat dengan Microsoft Office Word, Excel dan Powerpoint. Tapi tahukah anda bahwa sebuah Aplikasi Perkantoran Microsoft Office itu tidak gratis? Bahkan bagi penulis Software tersebut tidak murah harganya. Nah.. Bagaimana dengan OpenOffice? Apakah anda sudah mengenalnya? Atau anda sudah menggunakannya? Atau bahkan anda belum pernah mengetahuinya?

Pada artikel kali ini, penulis tujukan bagi kalangan pengguna komputer pemula dan berusaha untuk sedikit menggambarkan tentang Microsoft Office dan memperkenalkan OpenOffice bagi yang belum mengenal dan menggunakannya.

Produk Microsoft Corporation ini sudah begitu melekat dan sangat dekat dengan kita yang selalu berhadapan dengan pekerjaan kantor atau di laboratorium sekolah. Bahkan beberapa diantara kita sudah menganggap bahwa jika kita ingin mengetik atau membuat laporan keuangan misalnya, kita harus menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel). Seolah-olah itu adalah mutlak :

Sekarang mari kita pahami,
Microsoft office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fasilitas, sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama

Microsoft Office versi 3.0. pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint sebagai aplikasi presentasi dan Microsoft Mail yang digunkan untuk menerima dan mengirim email.

Setelah popular dengan Microsoft Office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft Corp. Kembali meluncurkan Microsoft Office 95 seiring dengan diluncurkannya sistem operasi Microsoft Windows 3. 11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dala sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang semakin mapan dan menjadi salah satu aflikasi perkantoran favorit dikalangan pengguna komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Tahun demi tahun Microsoft Corp. terus meluncurkan versi – versi baru Microsoft Office yang masih tetap digunkan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi Microsoft Office yang banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, Microsoft Corp. melahirkan generasi terbaru sistem operasinya, yaitu Microsoft Windows Vista, disaat yang bersamaan

Microsoft Corp. kembali meluncurkan aplikasi perkantoran terbarunya yaitu Microsoft Office 2007 yang saat ini sudah beredar dimasyarakat komputer dunia. Beberapa program yang terdapat dalam Microsoft Office adalah :

Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasanya digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen – dokumen lain yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Excel
Microsoft Excel , yang disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempersentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode – metode pembutan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data – data perusahaan, hasil – hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.

Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan keluarga dari Microsoft Office. Bila kita menginstall Microsoft Office secara lengkap, PowerPoint akan secara otomatis terinstall. PowerPoint adalah aplikasi yang sangat powerfull untuk membuat suatu presentasi mulai dari awal, atau menggunakan wizard yang telah disediakan.

Nah.. sekarang kita bahas seputar OpenOffice.
OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open Source, yang berarti kita bebas menggunakannya dengan tidak membayar sedikitpun. Paket tersebut termasuk komponen – komponen pengolah kata (word Processor), lembar kerja (Spreadsheet), presentasi, ilutrasi vector, dan gudang data (Database).

OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office yang dapat diujalankan dalam berbagai Platform, termasuk Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pergantian data, dan dapat digunakan tanpa biaya.
OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari Star Office, sebuah Office Suite yang dikembangkan oleh Star Division dan diakusisi oleh Sun Microsistems pada Agustus 1999. Code asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan SISSI; dari versi 2.0, dia hanya tersedia dibawah LGPL.

Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo. Yang berminat silahkan unduh: OpenOffice 3.3 Setup.

Dari tulisan diatas, sekarang kita sudah bisa mendefinisikan persamaan dan perbedaan antara Microsoft Office dan OpenOffice.org. Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi perkantoran OpenOffice yang gratis (OpenSource), dan anda belum mempunyai aplikasi tersebut. Silahkan download melalui situsnya http://download.openoffice.org.
Jika anda pengguna setia Microsoft Windows dan belum siap pindah kelain hati, maka penulis sertakan dalam tulisan ini tentang perkiraan harga Microsoft Office, sebagai berikut :

Menurut data di Internet :
Microsoft Office 2000 Propessional $ 139 – $ 225
Microsoft Office 2000 Small Business Edition OEM $ 140 – $199
Microsoft Office 2000 Propessional OEM $ 19 – $ 21
Microsoft Office XP 2002 Propessional $ 139 – $ 349
Microsoft Office 2003 Propessional Edition $ 146 – $ 284

Menurut detikInet :
Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint yang paling banyak dipakai konsumen akan dibandrol US$ 229 atau sekitar Rp. 2 juta untuk versi barunya. Demikian juga dengan Open Office Access 2007.
Namun bagi yang hanya ingin meng-upgrade aplikasi Office-nya ke 2007, konsumen akan dikenakan beban US$ 109.95 atau sekitar Rp 1 juta (US$ 1 = Rp 9.116 Sumber : detikcom).
Visio Professional 2007, seperti detikINET kutip dari softpedia Jumat (3/11/2006), Microsoft akan membandrolnya dengan US$ 559 atau sekitar Rp 5 juta untuk versi barunya dan US$ 349(Rp 3,1 juta) untuk versi upgrade.

Mesti begitu, tidak semua detail harga paket Microsoft Office 2007 diungkap termasuk Microsoft Office Server, Micrososft Server Client Accsess License Suite, Web Accsess Program, Tools, and External connectors. Office 2007 sendiri seperti disampaikan Tal adam Benzion, Marketing Director Microsoft Indonesia beberapa waktu lalu, yang diluncurkan 23 November 2006. tanggal tersebut hanya peluncuran untuk komunitas bisnis, sedangkan untuk pengguna akhir (end user) baru diluncurkan pada Pebruari 2007.
Berikut detail harga program Microsoft Office 2007 :

Menurut bhinneka.com :
Harga Office 2007 English OLP NL US$ 355 sekitar Rp 3,266,000

Sumber:
http://www.microsoft.com
http://www.ilmukomputer.com
http://www.officetutorial.com/index.htm
http://lecturer.eepis-its.edu
http://detiknet.com
http://id.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org
http://www.openoffice.org

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat !

2 pemikiran pada “OpenOffice dengan Microsoft Office diinstal bersamaan OK !

    • Coba adik buka pelan-pelan halaman tersebut dan download softwarenya oppenoffice dan install meski sudah ada Microsoft Office tidak ada pengaruh keduanya bisa jalan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s