Membongkar file iso ke CD/DVD ?

Pada windows versi Windows XP anda harus menggunakan software pihak ketiga untuk melakukannya. Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, baik yang sifatnya free maupun yang berbayar. Diantara banyak aplikasi tersebut, kami memilih dua aplikasi yang menurut kami cukup baik dan tentunya bersifat gratis.

Kenapa kami banyak mengulas tentang membongkar file ISO, kita tahu banyak CD/DVD operating system disimpan dalam bentuk file ISO, selain praktis juga efisien karena yang disimpan hanya sebuah file saja. Apalagi sistem operasi biasanya memerlukan bootable dimana ketika dimaksukkan kedalam CD/DVD ROM harus bisa digunakan untuk booting.

Bagi anda yang telah memiliki software Nero sudah pasti bisa membakarnya melalui software ini. Namun bagaimana jika tidak tersedia tentu menghadapi persoalan tersendiri. Padahal banyak beredar software installer yang bisa digunakan seperti :

Menggunakan ISO Recorder. Cara pertama adalah menggunakan ISO Recorder yang bisa anda download dalam beberapa versi Windows. Pilih sesuai dengan OS yang anda pakai karena setiap versi hanya dapat digunakan pada versi tersebut. Link download ISO Recorder dapat diundush di bagian ini : Instalasi ISO Recorder

Untuk menggunakan ISO Recorder, cukup download aplikasi dan install di komputer atau notebook yang anda pakai. Kemudian cari file ISO yang ingin anda burning ke CD, kemudian klik kanan file tersebut dan pilih Copy image to CD. Menggunakan ImgBurn

Cara kedua adalah dengan menggunakan software ImgBurn. Aplikasi ini mempunyai fitur yang lebih baik dari aplikasi sebelumnya, yang tentunya memiliki kapasitas yang lebih besar dari apliaksi ISO Recorder.
Pertama kali, download aplikasi ImgBurn (Link download ada di bagian ini : Instalasi ImgBurn) dan install di komputer yang anda pakai. Gunakan full installations agar anda bisa lebih leluasa dengan aplikasi ImgBurn.
Tampilan utama ImgBurn adalah sebagai berikut :

Untuk selanjutnya anda harus melakukan uji coba software ImgBurn yang sudah anda instal ke dalam komputer, bandingkan mana yang paling mudah anda gunakan. Sebagai saran untuk melakukan uji coba sebaiknya anda menggunakan keping CD R/W atau DVD R/W agar dapat dihapus jika ada kesalahan dalam proses pembakarannya. Selamat mencoba semoga berhasil !

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s